-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusian Untuk Korban Gempa Turki

Selasa, 14 Februari 2023 | Februari 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-14T07:08:28Z
Foto : Pesawat Hercules TNI AU saat memuat bantuan untuk korban gempa Turki.

Tebingpos.com, Ankara|Bantuan Indonesia untuk korban gempa Turki telah sampai, Minggu (12/2/2023), bantuan dikirkim melalui jalur udara menggunakan dua pesawat TNI-AU. Bantuan ini gelombang pertama dari misi kemanusian pemerintah Indonesia.

KBRI di Ankara menyebut pesawat pertama B 737-400 mendarat pada Minggu pagi, 12 Februari 2023 sekitar pukul 10 pagi waktu setempat,  membawa 47 personil Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR INASAR) dan perlengkapan ringan.

Sedangkan, pendaratan kedua adalah pesawat Hercules C-130 pada pukul 5 sore waktu setempat, yang membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan dari Kementerian Pertahanan RI. 

“Setelah menurunkan penumpang dan muatan, pesawat pertama langsung terbang kembali ke Indonesia. Sementara pesawat kedua, setelah bongkar muat langsung terbang ke Ankara untuk istirahat dan pergantian kru,” kata Atase Pertahanan KBRI Ankara Kolonel Amir Ali Akbar, yang ditugaskan untuk mengkoordinasikan pendaratan seluruh gelombang penerbangan.

Sebelumnya, Turki yang berbatasan dengan Suriah, diguncang gempa magnitudo berkekuatan 7,8 skala richter pada Senin, 6 Februari 2023. Bencana alam itu, diikuti dua gempa susulan yang kuat.

Sepekan pasca gempa jumlah korban jiwa terus bertambah sampai di atas 33 ribu orang, diperkirakan korba akan terus bertambah. Sementara, Korban selamat yang berada di zona bekas terjadinya gempa tidur di mobil mobil mereka, dan ada juga yang tidur di jalan jalan dengan menggunakan selimut  dalam keadaan cuaca dingin yang membeku.

Redaksi