-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dekranasda Tebingtinggi Pamerkan Batik Eco-print di INACRAFT 2023

Jumat, 03 Maret 2023 | Maret 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-03T11:41:11Z
Foto : Pj Walikota saat memantau Stand Tebingtinggi di INACRAFT 2023 di Jakarta.

Tebingpos.com, Tebingtinggi|Dekranasda Kota Tebingtinggi dengan Pemko   hadirkan stand produk UMKM unggulan Kota Tebingtinggi pada event Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 dimana merupakan event bergengsi pameran produk kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara. Pameran Inacraft 2023 digelar pada tanggal 01 – 05 Maret 2023 di Jakarta Convention Centre. 

Pameran Inacraft 2023 yang mengusung tema 'From Smart Village to Global Market' menghadirkan 1.118 UKM dari 1.200 booth ikut serta dalam pameran kali ini. Sebanyak 914 merupakan anggota Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) dan 214 non anggota serta 61 peserta lainnya yang merupakan UKM binaan kementerian/ lembaga. 

Pj. Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP didampingi Ketua Dekranasda Kota Tebingtinggi Ny. Harliaminda Dimiyathi bersama Inspektur Kota Tebingtinggi H. Kamlan, SH, MH, Kadis Pendidikan Kota Tebing Tinggi Idam Khalid, S.KM, M.Kes, Kadis Kominfo Kota Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kepala Bagian Protokol Nurazizah Rangkuti dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Pulungan hadir langsung untuk mengikuti pameran Inacraft 2023 tersebut, Jumat (03/03/2021).

Pj. Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP mengatakan ini adalah event besar momen untuk pamerkan produk kerajinan lokal Tebingtinggi di kancah nasional bahkan internasional. 

"Pemerintah Kota Tebingtinggi pun menampilkan berbagai produk UMKM lokal dari Dekranasda Kota Tebingtinggi dengan produk unggulan adalah batik Kota Tebingtinggi dan yang paling laris dibeli oleh pengunjung adalah batik eco-print asal  Kota Tebingtinggi. Eco-print ini merupakan batik yang pewarnaannnya menggunakan pewarna alami seperti daun-daunan. Eco-print ini juga merupakan industri batik ramah lingkungan. Salah satu pewarnanya adalah getah kulit pisang kepok keling, dengan demikian limbah industri kripik kepok keling masih dapat digunakan utk pewarna eco-print. Sementara itu pupuk pohon pisang kepok keling itu sendiri berasal dari limbah air ternak ikan air tawar" tuturnya.

Stand Pameran Dekranasda Kota Tebingtinggi ini terlihat ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang turut mengadiri kegiatan pameran Inacraft 2023 tersebut. Ketua Dekranasda Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu yang juga merupakan Puteri dari Presiden RI Joko Widodo dan Juga Istri dari Wali Kota Medan Bobby Nasution terlihat ikut mengunjungi stand Pameran Dekranasda Kota Tebing Tinggi.


Laporan : Siti Maslah Lubis