-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rabun Jauh Atau Rabun Dekat, Mata Butuh Kaca Mata

Selasa, 23 Agustus 2022 | Agustus 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-23T08:35:04Z
Foto : Sandiaga Uno.

Rabun adalah melihat suatu objek tidak terlihat jelas, rabun dekat atau jauh pada mata membuat penglihatan terganggu, objek akan terlihat tidak jelas akibat cahaya yang masuk tidak jatuh tepat di retina mata.
  
Kacamata adalah solusinya, pemakaian kacamata bagi pengidap rabun merupakan kebutuhan. Sebabnya, gangguan penglihatan yang menyebabkan rabun tidak mungkin sembuh dengan sendirinya ataupun menggunakan obat-obatan.

Orang rabun butuh kacamata untuk membuat penglihatannya lebih fokus. Rabun dikarena ada gangguan di sistem optik matanya jadi harus diberikan alat bantu penglihatan

Gangguan penglihatan terbagi menjadi tiga jenis, yakni plus (hipermetropia), minus (miopia) dan silindris. Ketiga gangguan ini mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Rabun jauh atau minus menyebabkan bayangan yang terbentuk berada di depan makula retina. Hal ini disebabkan oleh bentuk bola mata yang lebih panjang. Sehingga untuk memperbaikinya, dibutuhkan bantuan kacamata dengan lensa cekung atau bikonkaf.

Rabun dekat atau mata plus merupakan kebalikannya. Bola matanya cenderung lebih pendek dari normal dan lensanya terlalu datar. Sehingga objek yang dilihatnya akan dibiaskan di belakang makula retina yang harusnya menjadi fokus penglihatan. Untuk memperbaikinya, diperlukan bantuan lensa cembung.

Lain lagi dengan silinder, silinder berbeda dengan rabun dekat dan jauh. Silinder merupakan kondisi akibat dari kelengkungan kornea tidak sama pada setiap meridiennya sehingga bayangannya jatuh pada dua titik yang seharusnya yaitu dua titik.

Intinya fungsi kacamata tetap sama untuk semua gangguan. Yakni untuk menggeser titik fokus ke makula, dari yang sebelumnya terlalu di depan, di belakang atau double

Nah, ingin tahu lebih jauh soal kacamata? Termasuk bagaimana cara memilih kacamata yang baik dan mitos-mitos seputar rabun jauh dan dekat? hubungi nomor WA 08221576458 Suwanda Putra ahli kacamata , kita juga menyedikan kacamata untuk anda bergaransi, " Anda Puas kami senang ".

Wliayah Tebingtinggi, Pematang Siantar, Medan, Tanjung Balai dan sekitarnya. (*).