-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Tapsel Hadiri Zikir Akbar dan Muhasabah Bersama IPHI

Jumat, 30 Desember 2022 | Desember 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-30T07:01:28Z
Foto : Pada saat Jikir bersama|Dok : Jerry Manalu.

Tebingpos.com, Tapsel|Ratusan jemaah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), mengikuti zikir dan muhasabah akhir tahun 2022 di Masjid Raya Baburrahmat, Kelurahan Pasar Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, pada Selasa (27/12).


Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, tampak hadir didampingi Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kabag Kesra, Camat Angkola Timur, dan Ketua MUI Tapsel. Kegiatan itu, mengangkat tema, "Pererat persaudaraan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah".


Bupati berharap acara itu dapat menjadikan seluruh jemaah yang terhimpun di IPHI makin erat satu sama lain. Apalagi, kata Bupati, seperti diketahui Covid-19 ternyata sanggup menghentikan ibadah Haji sampai Umrah di luar musim Haji. 


"Mudah-mudahan, dengan tren yang semakin menurun, menyebabkan kita tidak lagi terkendala dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan. Mari jadikan IPHI adalah sarana mendekatkan diri pada Ilahi dan sarana silaturahmi serta mempererat persaudaraan bagi kita yang sudah pernah berhaji," harap Bupati.


Bupati menceritakan pengalaman sewaktu berangkat haji pertama 2004 lalu. Di mana, atas pengalaman tersebut, dirinya kagum melihat aktivitas kaum muslim selama di Makkah. Ia melihat jemaah begitu khusyuk dalam melakukan ibadah. Semoga, tetap bisa dibawa semangat itu ketika kembali ke Tapsel.


"Dengan pengalaman itu, saya berpesan ke jemaah yang sudah melaksanakan Haji untuk tetap berupaya istiqomah menjaga kebiasaan sewaktu di Makkah agar tetap terjaga akan mabrurnya Haji," harapnya.


Di sisi lain, Ketua IPHI Tapsel, Sulaiman, dalam laporannya menyampaikan, sejak 2018 jumlah jemaah sebanyak 1.350 orang. Tapi katanya, seiring dengan terjadinya Covid-19, jumlah jemaah yang aktif menurun drastis.


"Ini merupakan langkah kita untuk mengembalikan kegiatan-kegiatan IPHI. Di beberapa daerah, jemaah yang baru kembali saya terus mengajak mereka agar bergabung. Mudah-mudahan, upaya kita berhasil, agar Haji dan Hajjah mabrur dunia akhirat," terangnya.


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan pengeras suara kepada Kecamatan Sipirok, Arse, Marancar, Angkola Barat dan Batang Toru. Pengeras suara tersebut sebagai penunjang kegiatan IPHI di Kecamatan dan ini merupakan tahap awal yang selanjutnya akan diberikan ke seluruh kecamatan di Tapsel. 

Laporan : Jerry Manalu