-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Pemilihan Ketua IKA SMANSA Tebingtinggi, Sejumlah Nama Bermuculan, Salah Satunya Taufik Efendi Sinaga

Rabu, 19 April 2023 | April 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-19T17:44:33Z
Foto : diambil dari WA grup, ucapan selamat/sukses Taufik Efendi Sinaga atas reuni akbar alumni SMA satu Tebingtinggi.

Tebingpos.com, Tebingtinggi|Menjelang Munas sebagai rangkaian acara Reuni Akbar Smansa Kota Tebingtinggi tahun 2023 ini,  sejumlah nama kandidat Ketua IKA Smansa telah mendaftar melalui website IKA Smansa Kota Tebing Tinggi, salah satunya adalah Taufik Efendi Sinaga, S.SiT., M.Eng. 
Dia lahir di Tebingtinggi, pada tanggal 13 September 1968,  anak ke-6 dari 9 bersaudara.  

Taufik Menikahi gadis Mandailing bernama Elfi Suraya Lubis, 14 April 1993 dan  25 September 1995, dan dia dikaruniai anak laki-laki semata wayang yang bernama Fidila Rahman Taufik Sinaga. Sosok kandidat ini semasa pendidikan formalnya cukup berprestasi, walaupun tidak berbekal  TK,  sewaktu belajar di SDN 163086 Tebingtinggi, beliau termasuk murid teladan dan tamat dengan ranking I pada tahun 1982.  

Pada saat belajar di SMPN 1 Tebingtinggi pun, beliau termasuk dalam 3 kelas I pagi, yang siswanya adalah ranking-ranking sewaktu test masuk SMPN 1,  dan pada kelas II,  pernah mendapat ranking 3 umum,  serta aktif sebagai anggota Perpustakaan Umum Gelora Pemuda milik Pemko Tebingtinggi, sebagai wujud dari hobbinya membaca. 

Pendidikan di SMP ini diselesaikannya tahun 1985,  dan melanjutkan ke SMAN 1 Tebingtinggi. Saat SMA ini,  si perjaka muda ganteng ini aktif di kegiatan ekstrakurikuler, Diantaranya di PKS (Patroli Keamanan Sekolah) sebagai anggota, Gerakan Pramuka sebagai pimpinan sangga (Pradana), MPK (Majelis Perwakilan Kelas) sebagai Wakil Ketua, OSIS sebagai Sekretaris II.  

Pendidikan di SMA ini diselesaikannya tahun 1988,  dan  tahun 1988 menjadi branded dengan labelnya Smansa88.
Selepas SMA sosok muda ini ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di perguruan tinggi, walaupun tidak mengenyam bimbingan studi seperti tema-temannya yang mampu, dia lolos dalam SIPENMARU 1988 di Politeknik USU Medan.  Akan tetapi karena kesulitan ekonomi orangtuanya,  kuliahnya tidak menghasilkan apa-apa.  Kondisi demikian tidak menyurutkannya untuk maju.  Dengan semangat pantang mundur,  dia mencoba keberuntungannya berkecimpungan di dunia kerja.  Pernah menjadi karyawan honorer di Tebingtinggi,  pengemudi bis sekolah TK Swasta di Medan,  Salest Representatif di Medan,  bergabung dengan teman-teman berjualan burger di Medan,  sambil terus berusaha mencari lowongan pekerjaan.  Sampai akhirnya  lolos test sebagai PNS di Badan Pertanahan Nasional tahun 1992.

Sebagai PNS yang hobi bersepeda ini, terus berusaha mencari peluang meneruskan pendidikannya. Setelah melalui seleksi tahun 1995, pegawai muda yang energik dan smart ini, memperoleh beasiswa untuk belajar kembali di STPN Yogyakarta, dan menyelesaikannya tahun 1999 dengan predikat sangat memuaskan.  Keinginan untuk maju terus bergelora hingga tahun 2006  dia lolos test beasiswa untuk ke jenjang S2 di UGM Yogyakarta dan menyelesaikannya tahun 2008 dengan predikat sangat memuaskan.

Pengalaman berorganisasi pemuda yang berpenampilan sederhana, ramah dan hamble ini  tidak perlu diragukan.  Di masa SMA saja begitu aktif dalam kegiatan organisasi,  bahkan pada saat honorer di Tebingtinggi pun, sebagai pemegang Sertifikat Mahir Dasar dan Sertipikat Mahir Lanjutan ini tetap aktif sebagai Pembina Pramuka di salah satu SMP Negeri di pinggiran kota Tebingtinggi, mengabdikan dirinya membina generasi penerus bangsa dalam wadah Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Tebing Tinggi.  Pada 29 Agustus tahun 2016 bersama  teman-teman alumni Smansa tahun 1988 membentuk Paguyuban Smansa88 Kota Tebing Tinggi,  dan dia sampai saat ini masih mengemban tugasnya 2 periode sebagai Ketua Paguyuban Smansa88 Kota Tebingtinggi.

Pengalaman bekerja pria yang saat ini masih aktif sebagai Penasehat di salah satu BKM di  Kota Tebingtinggi ini, dapat dikatakan komplit.  Pernah bertugas di Kantor BPN Kota Tanjung Balai tahun 2006, di Kementerian ATR/BPN d/h BPN tepatnya di Direktorat Pemetaan Tematik tahun 2009 hingga 2014.  pernah bertugas di Kanwil BPN Provinsi Sumatera Utara tahun 2014 hingga 2018, di Kantor BPN Kota Binjai  tahun 2018,  di Kantor BPN Kabupaten Simalungun tahun 2018 hingga 2020, dan di Kantor BPN Kota Tebingtinggi, tahun 2020 hingga saat ini, dengan capaian prestasi dari Pemerintah RI berupa Satya Lencana Karyasatya berturut-turut 10, 20 dan 30 tahun.  Beberapa karya tulisnya pernah dimuat di Media Pertanahan yang ada, dan hingga saat ini iapun sedang menggarap karya tulis serta masih tetap bersepeda.
  
Dari data-data yang telah disampaikan kandidat ini pada website IKASmansaTebingTinggi, bahwa VISI yang hendak djalankan jika dipercaya menjadi Ketua IKA Smansa Kota Tebingtinggi, yaitu Optimalnya peranan IKA SMANSA KOTA TEBING TINGGI dalam berkontribusi membangun alumni dan masyarakat sesuai profesi  dan kemampuannya untuk mendukung Kota Tebingtinggi maju.  Sedangkan MISI yang akan dilaksanakan : (1) Mempersatukan dan mempererat hubungan persaudaraan antar alumni dalam wadah IKA Smansa Kota Tebing Tinggi, sehingga terwujudnya rasa saling membantu sesama dengan mengedepankan Marwah Dijunjung Tuah Diusung. (2) Membantu menyediakan akses informasi bagi para siswa yang masih bersekolah dalam hal jenjang pendidikan berikutnya dan penentuan karir.       (3) Membantu menyediakan informasi dan fasilitas usaha bagi alumni dan masyarakat yang ingin dan/atau mengembangkan usahanya dengan pemangku  kepentingan terkait, dengan azas saling menghormati dan menguntungkan. (4) Melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan, bekerjasama dengan pihak sekolah dan berbagai pihak terkait, dan (5) Turut berperan aktif bersama pihak sekolah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan sekolah.

Demikianlah sejarah singkat Taufik Efendi Sinaga, S.SiT., M.Eng salah satu kandidat ketua SMASA Tebingtinggi priode 2023-2027.

Semoga berhasil ya ketua. sukses!!!



Tim Realitas melaporkan