-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Michelin 2024 Akan Luncurkan Ban Tanpa Udara

Sabtu, 09 Oktober 2021 | Oktober 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-09T08:51:41Z
Foto: Ban tanpa udara (Dok: Michelin)

TebingPOS.com,
Tebingtinggi|Dunia  otomotif terus melakukan pengembangan (Inovasi) guna memudahkan manusia. Terbaru, perusahaan terkenal yang memproduksi ban di dunia Michelin dan Bridgestone saat ini lagi mengembangkan ban tanpa udara, Bahkan Michelin sudah berencana mulai memperoduksi ban tanpa udara di tahun 2024, ban tersebut di berinama oleh Michelin Unique Puncture-proof Tire Ssystem (Uptis).


Ban tampa udara ini secara garis besar sama seperti ban konvensional pada umumnya, ban tampa udara ini juga berbentuk bulat, berwarna hitam, masih berbahan karet, yang membedakanya dinding ban tanpa udar  berongga rongga. 

Struktur ban tanpa udara ini bisa dikatakan unik, dindingnya terbentuk oleh penyanggah tapak yang berada didalam ban yang tersusun rapi dan rapat berongga rongga , dari struktur ini dapat di pahami kerja ban tak akan lagi memerlukan udara.

Penyanggah tapak ban yang lentur berpungsi sebagai penganti angin, meredam guncangan di jalan yang tidak rata.

Adapun komposisi ban berbeda dengan ban udara dalam pembuatanya, Ban ini diracik menggunakan kombinasi plastik yang diperkuat serat kaca (GFRP) serta campuran karet fleksibel.


Michelin selaku perusahaan yang mengembangkan ban tampa udara ini memberikan keterangan meski tampa udara ban akan bekerja mengangkat beban secara merata pada setiap putara layaknya ban yang berisi udara.

Walau belum di wujudkan, hanya masih sebatas rencana yang akan mengarah kesana, pabrik mempunyai keyakinan kuat ban jenis ini akan jadi pilihan dimasa depan, hal itu dikarnakan memudahkan bagi para pengguna sebab tidak akan bermasalah jika terkena benda tajam.


Kemudahan lainnya jika memakai ban tanpa udara tidak perlu membawa ban serap sehingga bagasi kosong bisa digunakan untuk membawa yang lainnya, pabrik juga mengklaim bahwa ban ini juga ramah lingkungan bahannya bisa didaur ulang 



A. satu