-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Dolly : Ayo Tiap Sekolah Yang Ada di Tapsel, Kita Ramaikan Perpustakaan Daerah

Kamis, 19 Mei 2022 | Mei 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-18T18:08:45Z
Foto : Bupati Dolly Pasaribu, SPt, MM|Dok : Jerry Manalu.

Tapsel|Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM menyatakan semua sekolah untuk membuat program agar memanfaatkan fasilitas perpustakaan di daerahnya masing-masing, ujar Bupati usai menghadiri pelantikan pengurus daerah kecamatan gerakan pemasyarakatan minat baca (PD-GPMB) Kabupaten Tapsel periode 2022 - 2025 untuk zona Kecamatan Batang Toru, Muara Batangtoru, Angkola Sangkunur, Marancar, dan Angkola Barat di aula Kantor Camat Batang Toru, Selasa (17/5).


"Saya sampaikan agar Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk selalu berkoordinasi ke pihak sekolah agar membuat agenda rutin paling tidak satu kali per semester ke perpustakaan yang ada di daerah untuk bangkitkan aktifitas diperpustakaan kita masing-masing," katanya.


Menurutnya dua tahun belakangan perpustakaan yang ada di Tapsel sepi pengunjung dikarenakan masa pandemi Covid-19, di sisi lain, Bupati sampaikan bahwa kondisi minat baca di Indonesia sangat prihatin di antara negara-negara lain.


"Menurut data dunia, Indonesia kurang lebih, hanya empat persen yang menamatkan membaca dalam satu buah buku per bulan selama setahun, yang membuat hal tersebut begitu memprihatinkan," ungkap Bupati


Bupati juga menyampaikan pengalaman yang ia dapatkan di waktu kuliah, ia termasuk yang senang membaca buku. Namun terkadang buku yang hadir judul dan isinya cukup menarik, sehingga ia cukup sering membeli buku namun buku sebelumnya belum habis ia baca.


Melalui pelatihan yang ia ikuti, untuk menaikkan minat baca adalah dengan cara lebih dulu mendapatkan gambaran inti sari dari sebuah buku yang terdapat di bagian kata pengantar, kutipan penulis pada bagian uraian akhir pembahasan buku, tanggapan pembaca atas buku tersebut dan mencoba memberikan hipotesis yang dihubungkan dengan manfaat dari buku tersebut bila dibaca dan dengan membacanyalah akan menemukan jawaban atas hipotesis tersebut.


"Sehingga muncul dorongan untuk membacanya," terang Bupati.


Sebelumnya, Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu melantik Ny Diana Mara Tinggi sebagai Ketua PD GPMB Kecamatan Batang Toru, Ny Evidiani M Thohir sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Barat, Ny Soraya Faisal Chandra Hasan sebagai Ketua GPMB Kecamatan Muara Batang Toru, Ny Shinta Fahrizal Islami sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Sangkunur, dan Ny Rizky Dedi Pasaribu sebagai Ketua GPMB Kecamatan Marancar.


Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu untuk di kibarkan di zona Batang Toru. Turut hadir, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Camat Batang Toru, Camat Angkola Barat, Camat Muara Batang Toru, Camat Angkola Sangkunur, Camat Marancar. KUA Kecamatan, MUI, dan pengurus TP PPK Kabupaten.[Jerry Manalu].