-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Tapsel : Rakorwil APKASI Diharap Jadi Momen Penting Guna Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Sabtu, 21 Mei 2022 | Mei 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-21T02:36:25Z
Foto : Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu, SPt, MM [ Kiri depan]|Dok : Jerry Manalu.

Tapsel|Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengharapkan, pelaksanaan rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) jadi momen penting guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah.


"Dengan adanya pertemuan APKASI ini, diharapkan bisa menjadi momen pertukaran informasi dan komoditas antar daerah, sehingga ke depan kerjasama di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan pariwisata dapat menjadi kesepakatan awal untuk disepakati bersama sehingga kesepakatan itu akan saling mendukung pembangunan antar daerah di Sumatera Utara (Sumut)," ungkap Dolly disela acara Rakorwil APKASI wilayah Sumut, Kamis (19/5) yang digelar di Kantor Bupati Serdang Bedagai.


Jika kerjasama antar daerah semakin mudah, diharap akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kata Dolly, seperti potensi yang dimiliki Kabupaten Tapsel antara lain, di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan, dan pariwisata. 


Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada APKASI dan Pemkab Serdang Bedagai yang telah menginisiasi dan mengundang 25 kabupaten di acara tersebut.


Dari 25 kabupaten yang hadir dalam acara itu, kata Bupati, dapat disaksikan bersama berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Tapsel. Dolly menilai, pertemuan tersebut bermakna sangat positif demi kemajuan kabupaten yang ada di Sumut.


"Seperti yang disampaikan Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, nanti akan ada pertemuan lanjutan antara pemerintah kabupaten di Sumatera Utara, baik secara formal ataupun non formal. Tujuannya, semata-mata hanya untuk kesejahteraan rakyat di daerahnya masing-masing," kata Dolly.


Sebagai informasi, acara tersebut diawali dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU), foto bersama, dan peninjauan pameran. Selanjutnya, acara diisi dengan sambutan dari Bupati Serdang Bedagai selaku Korwil APKASI Sumut. 


Sementara Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mhd Fitriyus, mengapresiasi Kepala Daerah yang selama ini telah berjuang membantu Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.


“Marilah kita berdoa agar pandemi ini segera hilang, sehingga kedepannya kita dapat beraktivitas seperti biasa,” jelasnya.


Lanjut Fitriyus, tujuan dari APKASI ini sangat baik, selain menjadi wadah untuk pembangunan daerah, wadah ini juga dapat mengkoordinasikan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, katanya.


Setelah itu acara dilanjutkan dengan seminar dan sesi tanyajawab dengan narasumber Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Direktur Metrologi, dan Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh Direktur Eksekutif APKASI Sarma Simanjorang dan hasil Rakorwil APKASI Sumut oleh Sekjen APKASI Adnan Purichta Ichsan, SH, MH. 


Acara tersebut mengusung tema, "Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah." Tampak hadir Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga merupakan Bupati Dhamasraya, Provinsi Sumatera Barat.


Turut mendampingi Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hamdan Zen dan Kabag Tapem Yohanes.[Jerry Manalu].